Follow us on Facebook

Senin, 06 April 2009

Menyerupai virus menyerang koneksi internet

Sebuah serangan diakibatkan oleh menyebarnya malicious code dari komputer server sasaran, akan menyebabkan melambatnya kecepatan internet secara drastis.

Serangan ini yang dikenal dengan “Worm” telah mempengaruhi kedalam web dan pengiriman email.

Para ahli komputer mengatakan, melambatnya koneksi internet pada hari sabtu sama dengan dampak dari virus “Code Red”, dimana membuat lalu lintas internet macet pada musim panas tahun 2001.

Malicious code ini menyerang server dengan koneksi internet secara langsung dan tidak menginfeksi koneksi komputer rumah.Di negara korea, jasa internet terpaksa menonaktifkan secara nasional selama satu jam pada hari sabtu. Pengguna dan media berita juga melaporkan perubahan kecepatan menjadi lambat yang tidak biasanya di negara Thailanf, Jepang, Malaysia, Filipina dan India.Malicious code exploit ini merupakan sebuah vulnerability pada software database Microsoft yang dinakan SQL server dimana pertama kali di identifikasi pada July 2002.

Code malicious ini menginstruksikan server untuk menjalankan procedure yang berulang-ulang tanpa akhir. Mengirimkan data secara terus-menerus ke komputer lain seperti dampak dari serangan denial of service attack.Tidak seperti virus, worm ini aktif hanya di memory. Sehingga tidak dapat di deteksi oleh antivirus biasa. Malicious code yang mempunyai besar hanya 376 bytes dan menyerang dengan dampak signifikan pada jam 05.30 GMT hari sabtu.

Dampak pada Korea Selatan

Howard Schmidt, salah satu penasehat utama keamanan cyber dari mantan Presiden George W Bush mengatakan perlindungan infrasturktur nasional biro FBI dan para ahli terus memonitor serangan ini. Biro berita Korea Selatan mengatakan internet nasional dinonaktifkan sementara dipicu oleh  terlihatnya serangan cyber dari para hacker. Ini tidak terlihat jelas jika serangan yang terjadi di Korsel sama dengan yang dilaporkan terjadi di Amerika.

Ini pertama kalinya jaringan kabel internet dan jasa internet mobile terkena dampaknya secara bersamaan. Tetapi kerugian yang ditimbulkan dari serangan ini berdampak minimal karena pada hari sabtu semua aktifitas bisnis libur.

0 komentar:

Posting Komentar

Please leave your comments in here

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews